Mulai
dari 0 km sampai dengan 100.000 km dibagian kampas kopling mobil APV
secara normal tidak pernah ada masalah, akan tetapi karena pemakian
sedikit demi sedikit perpindahan gigi mulai berat dan pedal kopling
jadi semakin berat, ini menandakan bahwa kampas kopling dan semua
penunjangnya mengalami keausan, keausan semakin dipercepat dengan
kesalahan yang biasa anya dilakukan pengemudi adalah meletakan kaki pada
pedal kopling selama mengemudi. Keausan kampas kopling yang
mengakibatkan tenaga mesin tidak tersalur dengan baik, ini biasanya
disertai dengan keauasan pada dreglaher laher yang mendorong kampas
kopling.
Pada kilometer lebih 100.000 km bisanaya
kampas kopling sudah mulai rusak dan aus. Kerusakan bisanya ditandai
dengan timbulnya suara suara berisik ketika pedal kopling ditekan, bunyi
seperti ini disebabkan karena dreglaher yang mendorong kampas kopling
sudah aus sehingga ketika pedal kopling ditekan akan menimbulkan
decitan. Bunyi berisik di bagian ini disebakan juga disebabkan juga oleh
per yang sudah kehilangan daya tekan, tetapi dapat juga per kampas
kopling yang menggesek onderdil lain karena disebabkan kampas kopling
APV semakin tipis. Jangan biarkan suara-suara aneh tersebut berlanjut
karena apabila dibiarakan keausan akan menjalar ke mana-mana sehingga
biaya perbaikannya menjadi sangat tinggi karena banyak sekali onderdil
yang harus diganti.
Untuk
untuk memperbaiki kampas kopling biasanya bengkel resmi akan
menyarankan pergantian 1 set kampas kopling beserta onderdil
penunjangnya yang keseluruhan harganya onderdil beserta ongkos
kerjannya dapat mencapai RP 2 juta. Pada kenyataanya pengantian kampas
kopling APV tidak harus satu set, tergantung dari tingkat keausannya.
Apabila masih dalam taraf keausan norma peralatan yang diganti hanyalah
kampas kopling dan dreg laher saja sedangakan onderdil yang lain
seperti plat mataharinya masih baik. Penggatian kampas kopling beserta
dreglaher di bengakel non resmi dengan menggunakan kampas kopling
original dan dreglahernya dan ongkos kerjanya menghabiskan dana RP
750.000.
Untuk keausan dreglaher, bengkel non
resmi langanan begitu mesin dihidupkan langsung menerangkan bahwa
kerusakan ada pada dreglaher dan mengatakan bahwa sudah menjadi ciri APV
adalah dreglaher yang cepat aus karena bola-bola baja yang ada
didaklam derg laher dirangkai dengan plastik, akan tetapi lebih baik
kampas kopling diganti sekalian karena dengan jarak tempuh yang lebih
dari 100.000 km kamps kopling sudah pasti aus dan tipis.
Sumber : https://suzukijogja.wordpress.com/2013/01/27/kampas-kopling-apv-sudah-mulai-aus/
Semoga berguna,
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Posting Komentar