Kembali
membahas kelemahan kendaraan jenis APV, untuk kendaraan baru biasanya
pada kilometer 20.000 akan menjumpai ban depan kanan dibawah supir
mengalami kebotakan di bagian dalam. Tingkat keausan antara mobil Apv
yang satu dengan yang lainnya tidak seragam tetapi berbeda-beda antara
mobil yang satu dengan mobil yang lainnya tergantung derajat kemiringan.
Kebotakan bagian dalam ini disebabkan karena adanya kemiringan camber
menuju ke negatif. Bedasakan informasi dari bengkei spooring didapatkan
informasi bahwa Hal ini memang bawaan alami dari mobil Suzuki Apv,
sehingga masalah kebotakan ban depan kanan telah terjadi pada mobil apv
baru, terlebih lagi untuk mobil apv yang lama.
Apabila derajat kemiringan ini tidak
dikoreksi maka akan menimbulkan ketidaknyamanan suspensi, dan ban yang
cepat aus. Masalah kemiringan ban depan apabila tidak segera diatasi
ini akan merembet ke ball join atau perlatan kaki kaki mobil yang lain.
Berikut ini digambarkan apa yang menyebabkan ban depan kanan dibawah
sopir cepat botak .
Silakan
lihat gambar disamping kanan, apabila chamber negatif maka ban bagian
dalam miring ke dalam sehingga yang cepat aus bagian dalam, apabila
chamber positip maka ban bagian luarlah yang cepat aus.
Penyetalan camber mobil semacam apv tidak
mudah karena memang tidak ada bagian yang dapat digeser kearah luar
ataupun kearah dalam, sehingga apabila ban miring kedalam atau keluar
maka selamanya akan miring, padahal nilai kemiringan ban 1 mm pada
poros ban akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aus ban semakin
besar dearajat kemiringan maka akan semakin cepat.
Untuk mengatasi problem camber, cara yang
paling sederhana bengkel spooring mengganti baut chamber yang atas,
dengan baut khusus yang dapat digunakan untuk mengkoreksi derajat
kemiringan ban. Dengan mengganti baut asli mobil apv ternyata polos
(gambar bawah), dengan baut yang berbentuk seperti nokken as (gambar
atas) yang terdapat tonjolan yang apabila baut diputar maka tonjolan
akan mendorong ban dari posisi derajat negatif menuju posisi derajat
positip yang diinginkan sehingga untuk sementara dapat dikoreksi,
sehingga masalah kebotakan ban dibagian dalam dapat diatasi. Baut
seperti ini dapat diaplikasikan untuk mobil yang lain seperti Toyota
Avanza dan lainnya.
NB:
Ada info dari bengkel untuk baut tidak harus diganti, baut untuk ban sebelah kanan seperti gambar diatas (bawah) cukup digerinda saja, sehingga dapat distel untuk mengurangi negative chamber.
Ada info dari bengkel untuk baut tidak harus diganti, baut untuk ban sebelah kanan seperti gambar diatas (bawah) cukup digerinda saja, sehingga dapat distel untuk mengurangi negative chamber.
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Posting Komentar