" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Wisata Kota Sukabumi

0 komentar

Tentang Sukabumi

Sukabumi adalah kota kecil di sebelah barat daya Provinsi Jawa Barat. Secara administratif, seluruh sisi Kota Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.
Secara geografis, Sukabumi berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango sehingga iklim di Sukabumi cenderung sejuk dengan suhu rata-rata maksimal sekitar 29 derajat Celcius.
Karena wilayah Sukabumi sangat kecil, hanya sedikit objek wisata yang berada di dalam wilayah Kota Sukabumi. Walaupun begitu, keindahan tempat wisata yang dimiliki Sukabumi tidak kalah bagus dengan daerah lain di sekitarnya.

Sejarah Sukabumi

Terdapat beberapa versi asal usul nama daerah Sukabumi.
Ada yang menyebutkan bahwa istilah Sukabumi berasal dari bahasa Sunda, yaitu Suka-Bumen yang maksudnya para pendatang suka bumen (menetap) karena udaranya yang sejuk.
Asal usul lain menyebutkan bahwa Sukabumi berasal dari bahasa Sansekerta. Istilah Sukabumi terdiri dari kata "suka" yang artinya kesenangan, dan kata "bhumi" yang artinya bumi, sehingga Sukabumi berarti bumi kesukaan.

Cara ke Sukabumi

Anda dapat menuju Sukabumi dengan menggunakan berbagai pilihan moda transportasi.

Melalui udara

Sukabumi tidak memiliki bandara, tapi Anda dapat mendarat di bandara terdekat yaitu Bandara Husein Sastranegara (BDO), Bandung. Kemudian, Anda dapat meneruskan perjalanan darat menggunakan bus, mobil travel atau kendaraan pribadi menuju Sukabumi.

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax Bandara Husein Sastranegara
  • Penerbangan domestik Rp 25.000
  • Penerbangan internasional Rp 75.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi dari dan ke bandara
Anda dapat meneruskan perjalanan dari Bandara Husein Sastranegara (BDO) menuju Sukabumi menggunakan bus dari Terminal Leuwipanjang, Bandung. Untuk menuju Terminal Leuwipanjang dari bandara, Anda bisa menggunakan taksi Primkopau dengan membeli kupon taksi yang tersedia pada loket taksi di bandara.

Taksi Primkopau
Taksi Primkopau adalah taksi khusus Bandara Husein Sastranegara. Tarif taksi Primkopau menetapkan tarif tetap Rp 45.000 ke semua tujuan di Bandung.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui darat

Sukabumi memiliki terminal bus yang melayani rute perjalanan dari berbagai kota di Jawa Barat. Selain itu juga tersedia jalur kereta api ke Sukabumi yang berangkat dari Stasiun Bogor, Jawa Barat.

Bus
Banyak pilihan armada bus dari berbagai kota di Jawa Barat menuju Sukabumi. Jika berangkat dari Bandung, Anda bisa naik bus dari Terminal Leuwipanjang, Bandung dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Tarif tiket bus dari Bandung ke Sukabumi mulai sekitar Rp 20.000.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Mobil travel
Anda juga bisa menggunakan mobil travel yang menyediakan fasilitas antar-jemput hingga ke tempat tujuan akhir. Tarif mobil travel dari Bandung menuju Sukabumi mulai sekitar Rp 50.000 hingga Rp 75.000 dengan waktu tempuh sekitar tiga jam.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Kereta api
Sukabumi memiliki stasiun kereta api yang melayani rute keberangkatan dari Stasiun Bogor dan sebaliknya.

Tarif kereta api dari Bogor ke Sukabumi
  • Ekonomi Rp 20.000
  • Eksekutif Rp 50.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Sukabumi

Anda dapat berkeliling di Sukabumi menggunakan beberapa pilihan moda transportasi.

Angkutan kota (angkot)

Kota Sukabumi memiliki angkutan kota (angkot) dengan rute mengelilingi seluruh wilayah Sukabumi. Tarif angkutan kota di Sukabumi sekitar Rp 3.000.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Ojek motor

Alternatif lain, Anda bisa memanfaatkan layanan ojek motor untuk berkeliling di dalam Kota Sukabumi. Tarif ojek bervariasi tergantung jarak tempuh dan kesepakatan dengan supir ojek.

Sewa mobil

Anda juga bisa menyewa mobil secara harian di Sukabumi. Harga sewa mobil bervariasi tergantung jenis mobil yang ingin disewa. Harga sewa mulai sekitar Rp 500.000 per hari.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Objek wisata di Sukabumi

Walau Sukabumi hanyalah kota kecil, terdapat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Rekreasi Selabintana

Tanah lapang berumput hijau yang dikelilingi pepohonan rindang serta panorama Gunung Gede Panggrango dari kejauhan adalah pesona yang ditawarkan Taman Rekreasi Selabintana. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti kolam renang, lokasi kemah, permainan ATV dan flying fox.
Hanya dengan menyusuri tujuh kilometer jalan raya ke arah utara dari pusat Kota Sukabumi atau sekitar 15 menit berkendara, Anda akan sampai di Taman Rekreasi Selabintana.

Harga tiket masuk ke Selabintana Rp 5.000 per orang.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Situ Gunung

Situ Gunung adalah lokasi favorit para fotografer. Kabut tipis terlihat di atas permukaan air danau yang tenang jika Anda mengunjungi Situ Gunung pada waktu pagi hari. Lebatnya pepohonan tinggi yang mengelilingi danau menambah sejuk suasana di sekitarnya.
Situ Gunung terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Kecamatan Kadu Dampit sekitar 16 km barat laut Sukabumi. Untuk mencapai Situ Gunung, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor hingga tempat parkir yang disediakan. Kemudian, Anda dapat berjalan kaki menyusuri jalan berbatu menembus hutan untuk sampai ke danaunya.

Harga tiket masuk ke Situ Gunung Rp 5.000 per orang.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Taman Strawberry

Taman Strawberry adalah sebuah restoran dengan konsep agrowisata. Sesuai namanya, Anda bisa menikmati berbagai sajian menu kuliner dengan bahan dasar buah strawberi. Selain itu, Anda juga bisa memetik buah strawberi langsung dari kebun yang dibuat pada lahan seluas dua hektar.

Taman Strawberry berada di Jalan Surya Kencana nomor 10 Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Anda bisa mengunjungi taman ini pada pukul 8 pagi hingga 8 malam.

Gua Buniayu

Bagi pecinta tantangan, menyusuri Gua Buniayu bisa menjadi pilihan wisata di Sukabumi. Butuh sekitar lima jam untuk menyusuri Gua Buniayu yang memiliki banyak lorong di dalamnya. Masih banyak lorong Gua Buniayu yang belum terjamah, walaupun sudah lebih dari 50 mulut gua telah dieksplorasi.

Gua Buniayu terletak di Kecamatan Nyalindung, atau sekitar 40 menit berkendara ke selatan dari pusat Kota Sukabumi.

Harga tiket masuk ke Gua Buniayu mulai sekitar Rp 80.000, sudah termasuk peralatan susur gua dan pemandu.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Tips wisata ke Sukabumi

  • Bagi pecinta kuliner, mencoba nasi uduk Ungu khas Sukabumi adalah hal yang perlu dicoba. Tak perlu khawatir terdapat zat pewarna buatan, karena warna ungu tersebut didapat dari buah bit dan ubi. Salah satu penjual Nasi Uduk Ungu yang terkenal adalah Mamih Ungu Resto di Jalan Brawijaya nomor 16, Sukabumi.
  • Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Sukabumi, yakni kue mochi. Penjual kue mochi banyak ditemui di Jalan Bhayangkara, Sukabumi. Masyarakat lokal menyebutnya 'Mochi Kaswari' karena berada di Gang Kasawari.
  • Mayoritas penduduk Kota Sukabumi bicara dalam bahasa Sunda. Gunakan kata punten (permisi) dan nuhun (terima kasih) saat bertanya atau meminta bantuan dengan orang lain.

Sumber  :  TRAVELOKA
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger