" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

5 Kuliner Legendaris Khas Sukabumi

0 komentar


                                                       5 Kuliner Legendaris Sukabumi



Di Sukabumi terdapat satu daerah di Gg. Kaswari yang menawarkan wisata kuliner khas Sukabumi, yakni kue moci. Kue yang biasanya berisi kacang ini bisa kamu nikmati dalam berbagai varian rasa dan warna. Tapi, cuma di sini kamu bisa menikmati kue moci asli Sukabumi yang hanya bisa bertahan selama 3 hari. Moci ini sudah berdiri sejak tahun 1983.
Di kota lain mungkin kamu akan ditawarkan untuk membeli kue moci dengan bentuk yang serupa. Tapi jangan salah, rasa kue moci khas Sukabumi ini tidak akan bisa kamu nikmati kalau tidak beli langsung di wilayah ini.

  • MOCI LAMPION


MOCI LAMPION
Banyak produsen kue itu di Sukabumi, tetapi yang paling terkenal ada di Jalan Otto Iskandardinata, Mochi Lampion di Jalan Kasuari, dan Mochi Arjuna di Jalan RE Martadinata. Puluhan tahun silam, mochi di Sukabumi hanya tersedia dalam rasa kacang dan polos. Kini ada mochi rasa durian, melon, blueberry, keju, hingga moka.

Mochi Sukabumi sangat lembut dan tidak terlalu manis. Umumnya, mochi di sana dijual dengan harga Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per kotak.

Selain makanan, ada juga suvenir khas. Salah satunya produksi Komunitas Budaya Lokatmala di Jalan Sriwedari, Sukabumi. Selain mengenal budaya setempat, wisatawan dapat membeli batik tulis khas Sukabumi. Pengunjung juga bisa membeli kerajinan batu mulia berbentuk kujang.

”Kami berusaha mengolah kekayaan alam budaya Sukabumi. Selama ini kurang dikenal di luar, sayang sekali,” kata pegiat Komunitas Lokatmala, Andri Purbawiyana. (NDY/RAY)
sumber


  • Bubur Bunut


 
                                                           
 Bubur Bunut

Makanan Khas Sukabumi : Bubur Ayam Bunut

Tak Sekedar Menyajikan Bubur Ayam Khas Sukabumi, Bubur Ayam Bunut Membawa Nuansa Sukabumi kepada siapa saja yang datang ke kota ini. Kesannya, Belum Ke Sukabumi Jika Belum ke Bubur Ayam Bunut, Rumah Makan Bubur Ayam Bunut Sukabumi seperti nama nya memiliki menu khas yaitu Bubur Ayam,
 
images
Tulang Ayam dan Keroket yang cita rasa aslinya tetap terjaga sejak 30 tahun yang lalu. Selain Bubur Ayam, kami menyediakan beraneka ragam menu lainnya yang akan menggoyang lidah Anda, seperti seperti Sop Buntut Sapi, Nasi Timbel Komplit, Sop Iga, Sop Kaki, bermacam-macam nasi goreng, Roti bakar, Pisang Bakar, dll. Kami juga memiliki berbagai macam minuman khas, seperti Teh Tarik Rempah, Bandrek dan Bajigur serta bermacam-macam minuman lainnya yang dijamin akan menambah kaya pengalaman kuliner Anda di Rumah Makan kami.
Rumah Makan Bubur Ayam Bunut memadukan konsep modern tradisional, dimana pelanggan bisa memilih ruang makan bergaya modern (indoor) atau ruang makan bergaya tradisional dengan konsep saung bambu (outdoor) lengkap dengan Lesehan.
Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi, membuat RM Bubur Ayam Bunut memiliki daya tarik tersendiri karena udaranya yang sejuk. Didukung oleh letaknya yang tidak jauh dari beberapa kawasan wisata alam seperti, taman wisata alam Gunung Gede,  Selabintana, Wisata Arung Jeram Citarik, dan Pantai Pelabuhan Ratu yang sangat terkenal dan menjadi ikon wisata provinsi Jawa.



  • Bandros Atta


Bandros Atta


  •  Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Kuliner khas yang juga wajib kamu coba saat datang ke Sukabumi adalah “Sekoteng Singapore”. Jajanan kaki lima ini terletak di dekat Bandros Atta, di Jl. Jend Ahmad Yani. Yang menarik dari kuliner ini adalah kue jahe berbentuk cokelat yang dicampurkan ke dalam menu sekoteng.
  • Mie Sukabumi

Mie Sukabumi
Selain kue moci, Sukabumi juga merupakan kota yang memperoduksi mie dengan ciri khas tersendiri. Mie yang dibuat di Kota Sukabumi ini hanya bisa bertahan selama 1 hari, jadi kamu tidak akan bisa menikmati mie Sukabumi di tempat lain kan?
Jika kamu berminat untuk menjajal mie khas Sukabumi, kamu bisa mengunjungi Kedai Mie “Mang Acoy”, Mie “Udin”, Mie “Mang Akup”, dan Mie Kocok “Ai” di daerah Jl. Jend Ahmad Yani Sukabumi. Keempat mie ini memiliki pesona yang berbeda-beda.

Makanan Khas Sukabumi : Piscok Cakra – beda

Setelah kenyang dan puas di warung Mang ONI, untuk desert… ceilehh… kita memilih yang manis-manis. Kebetulan di seberang jalan warung Mang Oni adalah toserba Tiara, dimana di salah satu sudut pelatarannya ada Piscok Cakra, maka kita putuskan untuk kesitu.
sam_0734 sam_0741

Karena tujuan utamanya adalah untuk icip-icip doank, ya kita pesannya cuma seporsi piscok keju aja buat dimakan berame-rame 4 orang.
Cerita lengkap tentang piscok cakra ini pernah saya ulas sebelumnya. Tagline piscok ini adalah cokelatnya meledak di mulut, yang memang isian coklat cairnya yang lumayan banyak untuk per gulungan piscoknya. Manisnya coklat cair tersebut berpadu sempurna dengan pisang dengan tingkat kematangan yang pas dan gurihnya parutan keju.

Makanan Khas Sukabumi : Mochi

Mochi Lampion, sebenernya dah banyak merk mochi di Sukabumi, dan mochi sendiri dah jadi semacam trademark jajanan yang wajib dijadikan oleh-oleh bagi orang yang ke Sukabumi. Mochi Lampion selain karena emang pioner dalam menjual mochi, rasa dan kualitas mochi juga jadi jaminan mutu,
images (1)
walau memang punya harga yang cukup tinggi jauh dari mochi-mochi merk lain di Sukabumi. Mochi Lampion berada di Jl Kaswari, jauh berada di Gang sempit namun memiliki pembeli loyal yang rela menyusuri jalan sempit tersebut.
Sejarah kue mochi ini sudah terbilang cukup lama karena, Kue mochi Lampion sudah terkenal sejak berdiri tahun 1983,tempat perdagangan dan pabrik si hijau ini berlokasi di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari II No.19 Kota Sukabumi, dan merupakan pabrik mochi pertama yang ada di Kaswari dan tidak membuka cabang, kemudian baru disusul dengan ke empat pabrik mochi lainnya, seperti Mochi Kharisma, Mochi Mandiri, Mochi Bakat Jaya, Mochi PD Mandiri. kesemuanya ini termasuk dalam usaha rumah tangga (home industri).

Makanan Khas Sukabumi : Kue Jahe


Kue Jahe Khas Sukabumi ini terbuat dari bahan dasar Jahe yang di parut dan di campur gula, Kue jahe ini rasanya sudah dikenal sejak jaman Belanda. dengan rasa yang manis dan hangat,
makanan-indonesia-kue-jahe-khas-sukabumi
sangat cocok dinikmati dalam berbagai acara dan kesempatan. Apa lagi jika dihidangkan dengan Teh Panas atau Secangkir Sirup Dingin, pstinya anda akan ketagihan.

Makanan Khas Sukabumi : Nasi Tutug Oncom

Salah satu hidden gem di kota Sukabumi adalah Angkringan Kota Paris.
Baru dibuka kurang lebih setahun terakhir, angkringan yang terletak tepat di pelataran BCA Kota Paris ini selalu ramai dengan pengunjung. Alasannya sih karena makanan-minuman yang ditawarkan bervariasi, enak dan MURAH. Jadi kemarin malam, saya dan teman-teman kantor pergi kesana setelah sekian lama nggak mampir.
IMG-20130107-01383
Bandrek kota Paris, sebenernya yang dijual bukan hanya bandrek. Di lokasi jajanan malam itu ada , soto, tahu peletok, sekoteng dan jajanan khas malam hari lainnya. Berada di jalan Ahmad Yani dibuka disetiap malam mulai pukul 7, namun selalu libur di malam selasa.
Harganya Murah , jadi Cocok banget buat karyawan kalo lagi akhir bulan dan kantongnya udah pada cekak. Selain menu diatas, ada juga menu-menu lainnya seperti pisang pandan, pempek, tahu aci, susu murni, bandrek dan lain-lain. Sangat mendukung sekali kalo mau pesen banyak menu, secara harganya murah, jadi kalo pesen banyak juga nggak terlalu bikin bokek kali ya.
Kalo mau datang kesini, angkringannya baru buka setelah magrib sampai malam. Saya kurang tahu sampai jam berapa, cuma kalo kata teman saya, biasanya jam 9 udah pada abis makanannya. Jadi kalo bisa datang sebelum itu. Terus, angkringan ini juga tutup setiap hari Selasa, tapi hari lainnya selalu buka.
Jadi kata siapa kalo ke angkringan cuma harus ke Yogya? Sukabumi juga ada!

Makanan Khas Sukabumi : Geco (Toge tauco)

Sukabumi tak hanya terkenal dengan moci atau pariwisatanya saja. ternyata Sukabumi pun menjadi incaran para pecinta kuliner. Contohnya saja Toge tauco (Geco) yang ada di Jl. Jend. Sudirman yang berhadapan dengan Rumah Sakit As-Syifa,
Geco
ini adalah salah satu tempat favorit untuk sarapan pagi. Setiap pagi pemilik Geco sibuk membuat pesanan para pembeli, ada yang di bungkus atau dimakan ditempat. Meski tempatnya dipinggir jalan, tak mengurungkan semangat pembeli untuk ikut merasakan jajanan Sukabumi yang lezat ini, dengan sekejap GeCo ini habis diburu para pecinta kuliner.





Sumber  :   Admin
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger