" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Wisata Geopark Ciletuh, Sukabumi

9komentar

Perjalanan menuju Geopark Ciletuh  dimulai ketika mobil yang kami gunakan mulai meninggalkan kota Jakarta. Tujuan kami malam itu pertama kali adalah ke kota Sukabumi.
Geopark Ciletuh – Sukabumi – Jawa Barat
Jakarta - Sukabumi ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Lalu kami melanjutkan perjalanan ke Ciletuh. Butuh waktu kurang lebih 4-5 jam perjalanan malam dari alun-alun Kota Sukabumi ke Ciletuh.
Drama malam itu adalah… cara driver membawa mobil yang membuat kami tidak bisa berkata apa-apa. Selain orangnya rada misterius – semacam susah berkomunikasi gitu,
Sabtu pagi jam 7 tibalah kami di rumah yang akan menjadi tempat tinggal selama weekend trip di Ciletuh. Istirahat sebentar untuk sekadar meluruskan badan plus sarapan nasgor, setelahnya kami siap mengeksplore Geopark Ciletuh hari itu!
Suasana pagi di hutan kering di Ciletuh.
Obyek Wisata Geopark Ciletuh
Hasil dari googling sana-sini, saya pikir obyek wisata di Geopark Ciletuh itu hanya berupa air terjun alias curug dan juga view point di atas bukit, tapi ternyata obyek wisata di Ciletuh ini cukup komplit,
 Mulai dari pantai, beberapa air terjun (curug), pemandangan bukit – tebing – sawah yang indah, hingga trekking menuju menuju view point di puncak Darma. Semua obyek tersebut bisa ditemui di Geopark Ciletuh ini. Sebuah lokasi yang bisa dijadikan pilihanweekend getaways.

Teluk-Pantai Ciletuh
Teluk Pantai Ciletuh Geopark, Sukabumi
Wisata kami di Geopark Ciletuh dimulai dari mengunjungi pantai atau teluk Ciletuh. Saya belum banyak main-main ke Indonesia Timur, tapi kesan pertama saya ketika melihat pemandangan bukit dari pantainya, saya merasa tidak berada di pulau Jawa! Rasanya seperti di Flores atau Nusa Tenggara.
Yang bisa dilakukan di sini tentunya main-main air di pantai ya, meskipun ketika kami di sini belum basah-basahan. selain foto-foto.

Curug Cimarinjung
Setelah ‘pemanasan’ di pantai yang memang terasa panas, kami melanjutkan ke curug Cimarinjung. Kondisi masih sepi!! Jadi kami 1 rombongan bisa main-main air di sini. Kalau bagi saya, di sini sih wajib basah ya! Airnya adem dan seger banget di badan, apalagi kalau kita main-main di bawah air terjunnya, mantap!!
Ada bagian yang cukup dalam, ada yang dangkal juga. Kami main air dan berenang di sana sih aman-aman saja ya, tapi tetap perlu waspada ya.
Salah satu tebing di sekitaran Curug Cimarinjung – Geopark Ciletuh

Curug Sodong
Setelah dari curug Cimarinjung, rombongan kami sempat balik ke homestay untuk makan siang sambil istirahat sebentar.
OK, curug kedua yang kami datangi adalah Curug Sodong. lagi-lagi karena kondisi kering, yang kami dapati di Curug Sodong ini bukannya air terjun yang deras, tapi semacam air netes saja.
Kecewa? Enggak sih.., karena kami tetap mendapat pemandangan tebing berwarna coklat yang berdiri megah di hadapan kami. Ada kesan ‘wow’ ketika saya melihat tebing di Curug Sodong ini.
Curug Sodong, Geopark Ciletuh, Sukabumi
Di bagian bawah tebing tersebut, ada semacam goa yang bisa kita masuki dengan cara menembus air terjun. Seharusnya begitu kalau memang air terjunnya deras. Tapi karena airnya cuma netes, jadi hikmahnya kami bisa main-main ke goa tanpa basah.
Di sini kami tidak lama, mungkin hanya sekitar setengah jam saja karena kami berencana mengejar sunset meskipun akhirnya gak terkejar juga!
Kami hanya bisa melihat matahari terbenam dari dalam mobil yang terus berjalan balik menuju ke homestay. Entah kenapa matahari di sini tampak lebih bulat dan lebih besar

Puncak Darma
Karena sudah gagal mendapatkan pemandangan sunset, akhirnya kami bertekat bulat di hari Minggu paginya tidak boleh ketinggalan sunrise. Jadi, pagi-pagi buta jam 4an kami sudah berangkat dari homestay demi menuju Puncak Darma.
Jalanan yang menanjak dan berbatu-batu membuat akhirnya mobil kami ‘menyerah’, dan kami memutuskan untuk berjalan kaki saja. Kami sendiri malah berasa serem sendiri lihat mobil minivan begitu dipaksa naik ke jalanan yang cukup ekstrim.
Butuh waktu kurang lebih 1 jam berjalan kaki / trekking menuju ke Puncak Darma. Dengan kondisi yang gelap gulita, kami hanya mengandalkan senter dari HP, berjalan terus naik-naik ke puncak bukit. Capek? Pastilah! Tapi rasa capek tersebut terbayar koq setelah sampai puncak.  Lagi-lagi saya dibuat kagum dengan pemandangan matahari di sini, terlihat bulat sempurna!
Pemandangan Ciletuh dari Puncak Darma.
Dari Puncak Darma ini akan terlihat pemandangan garis pantai atau teluk Ciletuh dari atas. Tentunya dengan bonus pemandangan bukit-bukitnya yang tidak kalah menarik.

Curug Awang
Setelah dari Puncak Darma, kami kembali ke homestay untuk sarapan dan packing sekalian. Tanpa berlama-lama, kami ‘check-out’ dari homestay dan lanjut perjalanan ke Curug Awang. Dari beberapa curug yang sempat kami kunjungi, menurut saya Curug Awang ini lah yang paling menarik, meskipun yang lainnya juga bagus dan punya keunikan masing-masing.
Memang sepertinya dari fasilitas dan infrastruktur yang disediakan, Curug Awang ini lah yang terlihat paling disiapkan. Terlihat dari adanya lahan parkir, jalan menuju curug yang sudah di-conblock, hingga adanya kamar mandi umum .
Meskipun dari sisi fasilitas sudah paling lumayan, untuk turun dari atas ke bawah menuju curug-nya, jalanannya agak ekstrim. Belum tersedia tangga (semi) permanen begitu. Masih berupa tanah berbatu-batu yang cenderung licin. Berasa seperti naik – turun gunung gitu.  Ada tali yang bisa dijadikan pegangan di salah satu sisi, tapi tetep perlu ekstra hati-hati!
Pemandangan Sawah dengan hiasan batu-batu besarnya
Curug Awang, Geopark Ciletuh, Sukabumi
Curug Awang ini seringkali dianggap semacam air terjun Niagara bentuk mini, karena bentuk tebingnya yang memanjang. Kalau debit airnya tinggi, sudah pasti akan membentuk air terjun di sepanjang tebingnya, jadi dianggap seperti Niagara. Banyak obyek yang bisa kita nikmati di sini, seperti hamparan sawah hijau dengan hiasan batu-batu besar di antaranya. Melihat batu-batu besar tersebut mengingatkan saya akan pemandangan batu-batu kuno diToraja
Selanjutnya, kita bisa menikmati curug ini dari sisi atas tebing maupun bawah. Di bagian bawah kita bisa bermain air di bawah air terjun atau juga berenang-renang. Perlu diketahui, kolam air di curug Awang ini cukup dalam…, jadi hati-hati yaa…!
Nah, di bagian atas, sudah tentu kita juga bisa menikmati pemandangan kolam air dari sisi atas tebing. Lagi-lagi, jangan becanda-becanda di atas tebing sini ya, kalau jatuh bisa jadi rempeyek!
Pemandangan curugnya sendiri? Batu-batu besar menghiasi nyaris di sekitar tebing dan air terjunnya.
Apa wajib basah juga di sini? Pasti! Main-main di bawah air terjunnya bisa jadi terapi tersendiri, meluruhkan seluruh daki dari seluruh tubuh.
Selesai dari Curug Awang, setelah mandi-membersihkan badan, kami langsung bergegas pulang.
kami makan di sebuah warung makan yang terletak di tebing Panenjoan.
Pemandangannya adalah situs Geopark Ciletuh dari ujung ke ujung! Karena didukung kondisi sedang kering, otomatis yang terlihat bukan hamparan alam berwarna hijau melainkan berwarna coklat.
Yang ini pemandangan bukit-bukit di Ciletuh, masih dari Puncak Darma
Demikian paparan dari Kami, Semoga Bermanfaat
Lokasi Wisata : Panenjoan, Curug Sodong, Curug Cikanteh, Pantai Palangpang, Puncak Darma,, Curug Cimarinjung
Sumber : Admin
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 9 komentar

Untuk kebutuhan tranportasi Wisata Anda, silakan Hubungi Kami, Call/ Sms - 0812 8079 9229, WA - 0857 2323 7111

Terima Kasih atas kunjungan Anda ke Web Kami.....

8 Agustus 2016 pukul 00.55

Nisa Rental Mobil Sukabumi - 081280799229

Nisa Rent car Sukabumi - 081280799229

6 September 2016 pukul 16.42

SEWA ELF SUKABUMI | TLP/ WA - 081280799229 | SEWA MOBIL ELF SUKABUMI | RENTAL ELF SUKABUMI | PENYEWAAN ELF SUKABUMI | RENTAL MOBIL ELF SUKABUMI | RENTAL MOBIL ELF PARIWISATA DI SUKABUMI | SEWA MOBIL EFL DI SUKABUMI | SEWA ELF MURAH SUKABUMI

Ready Sewa Elf Microbus Pariwisata 12, 15, dan 19 seats
Mobil/ elf seat 7, 8, 15, 18 dan 20 seats
Wisata kota & kuliner Sukabumi, Ujung genteng, Ciletuh Geopark, Pantai Sawarna, Pantai Pelabuan Ratu, dll.

NMS (Nisa Mobil Sukabumi) Tours & Rent Car
Jl. Rancakadu no.2, Cibeureum hilir, Sukabumi
info: Hp./WA - 0812 8079 9229 / PIN 59C85F10
www.nisamobilsukabumi.com

10 September 2016 pukul 08.34

Butuh kendaraan sewaan/ carteran call/ sms- 081280799229
kami segera datang ke tempat Anda...........

12 Desember 2016 pukul 20.30

Ciletuh Geopark ikon wisata alam dan pantai Sukabumi area dekat Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung Sukabumi