" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

7 tempat wisata Geopark Ciletuh yang bisa dikunjungi

3komentar

Ciletuh merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang telah di nobatkan sebagai Geopark / Taman Bumi oleh UNESCO.
Hamparan alam yang luas dan berisi berbagai macam keindahan alam di dalamnya membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan utama wisata Sukabumi.
Setidaknya ada 7 tempat wisata Geopark Ciletuh yang bisa Anda dikunjungi, sbb :

1. Puncak Darma - Ciletuh Geopark

Puncak Darma - Ciletuh Geopark

Dari tempat ini, Anda bisa melihat hamparan alam luas yang terdiri dari berbagai macam keindahan alam pedesaan disertai lautan yang seakan tak berujung akan membuatmu terkagum-kagum dengan keindahan ciptaan Tuhan yang satu ini.


2. Bukit Panenjoan - Ciletuh Geopark


Bukit Panenjoan - Ciletuh Geopark


Dari tempat ini Anda bisa melihat wilayah Geopark Ciletuh secara keseluruhan. 
Panenjoan merupakan sebuah daerah ketinggian/tebing, dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl yang terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Panenjoan berasal dari kata “tenjo” bahasa Sunda, yang artinya “lihat” (tingali). Selain wilayah Panenjoan ada juga wilayah Paniiisan, yang jaraknya beberapa ratus meter dari Panenjoan. Paniisan (dalam bahasa Sunda) berarti tempat untuk beristirahat, karena di area tersebut terdapat bendungan kecil (masyarakat sekitar menyebutnya Cekdam) yang membuat suasana di sekitarnya menjadi dingin “tiis” (dalam bahasa Sunda).

3. Curug Sodong

Curug Sodong - Ciletuh Geopark

Curug Sodong adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang. Dinamakan “sodong” karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.

Curug Sodong alias Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk aksesnya sudah lumayan baik dengan jalan beraspal dan pemandangan sawah yang membuat segar mata.

4. Pantai Palangpang - Ciletuh Geopark

Pantai Palangpang - Ciletuh Geopapak

Pantai Palangpang adalah muara dari aliran sungai Curug Cimarinjung .


5. Curug Cimarinjung - Ciletuh Geopark

Curug Cimarinjung - Ciletuh Geopark

Untuk menuju ke curug Cimarinjung, anda harus terlebih dulu dimanjakan dengan pemandangan sawah nan hijau. Dari kejauhan anda bisa melihat bagaimana indahnya air terjun yang jatuh dari deretan perbukitan. Namun untuk menuju ke dasar air terjun, anda harus berjuang sedikit keras dengan melewati jalan setepak yang dipenuhi bebatuan. Tapi sesampai anda di sini, semua rasa lelah akan hilang, karena keindahan yang ditawarkan Curug Cimarinjung begitu memukau. Deretan batu besar yang bergelimpangan di sekitar air terjun, membuat seakan dibawa ke jaman Jurasik Park, sungguh memukau.

6. Curug Awang - Ciletuh Geopark


Curug Awang merupakan salah satu curug yang berada di aliran sungai Ciletuh, sungai ini membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya. Di sungai ini terdapat beberapa air terjun yang patut untuk dikunjungi, beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.


7.  Tugu Ciletuh Geopark


Tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling Epic untuk dibuat Foto Selfie, 
belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Ciletuh kalau tidak mengabadikan momen di sini

Tugu Geopark Ciletuh

Tugu ini juga terletak di pertigaan antara menuju ke Panenjoan dan seterusnya, lalu ke Puncak Tugu, dan satu lagi Bukit Hilal dan seterusnya. Kenapa saya sebut seterusnya? Karena banyak sekali spot yang bisa kamu nikmati di arah rute tersebut.


IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

+ komentar + 3 komentar

21 Oktober 2017 pukul 22.04

Nisa Rent car Sukabumi - 081280799229
, siap memandu Anda berwisata

Tempat sewa Mobil Wisata Sukabumi Pelabuan Ratu

11 Oktober 2018 pukul 21.15

Rental mobil wisata Sukabumi

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger