Banyak perusahaan yang menekankan pentingnya pelanggan dan sangat percaya bahwa pelangganlah jawaban atas kelangsungan bisnis perusahaan maka diperlukan hubungan.
Pernahkah kita bertanya apakah solusi terhadap kelangsungan bisnis itu? Sebuah perusahaan penerbangan ,yang melihat penurunan animo pelanggan untuk terbang dengan maskapainya melakukan diskusi dengan pelanggan utama dan mencari penyebabnya. dari diskusi ditemukan, alasan utama menghindari maskapai tersebut bukan karena servis maskapai, tetapi justru karena servis petugas imigrasi di bandara.
Inilah fakta bahwa tidak selamanya dengan mudah kita menangkap aspirasi pelanggan dan menanggapinya. Ada perusahaan yang hubungannya begitu mesra dengan pelanggan, terutama pelanggan lama, sehingga mereka sangat senang berhubungan dengan staf perusahaan tersebut.
Sebagai contoh perusahaan percetakan uang negara yang tadinya berada dalam comfort zone monopoli dan sistem security yang jelas-jelas aman pada zamannya. Namun, sekarang mereka menghadapi tantangan baru. Bukan saja karena keran persaingan yang buka, tetapi juga kenyataan lain. Bila ingin mendirikan pabrik yang "aman" mereka perlu membangun sistem security dengan investasi super mahal.
Dalam keadaan terjepit, atau justru dengan kemampuan mengantisipasi keadaaan terjepit, kita sebetulnya bisa berpikir jauh kedepan dan menyiapkan tatanan baru dalam bisnis ke depan. Sudah saatnya kita tidak hanya berupaya keras membenahi sistem dan operasi internal kita, mengingat ancaman di luar sana lebih keras dan berbahaya.
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
+ komentar + 1 komentar
Rental mobil Sukabumi Wisata kota dan Kuliner Sukabumi:Jemput Stasiun Kereta Api Sukabumi, Stasiun Kereta Api Cisaat, Stasiun Kereta Api Cibadak, kereta Api Pangrango, kereta Api Siliwangi, berkunjung ke Situgunung Cisaat, Tanakita, curug sawer, Taman strawbery cisaat, pondok Halimun PH, Taman Rekreasi Selabintana, pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi, Pabrik Keju Bukit Baros Sukabumi.
Posting Komentar