" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Mengatasi ban depan kanan APV yang cepat botak

0 komentar

Kembali membahas kelemahan kendaraan jenis APV, untuk kendaraan baru biasanya pada  kilometer 20.000 akan menjumpai ban depan kanan dibawah supir mengalami kebotakan di bagian dalam.  Tingkat keausan antara mobil Apv yang satu dengan yang lainnya tidak seragam tetapi berbeda-beda antara mobil yang satu dengan mobil yang lainnya tergantung derajat kemiringan. Kebotakan bagian dalam ini disebabkan karena adanya kemiringan camber menuju ke negatif. Bedasakan informasi dari bengkei spooring didapatkan informasi bahwa Hal ini memang bawaan alami dari mobil Suzuki Apv, sehingga masalah kebotakan ban depan kanan telah terjadi pada mobil apv baru, terlebih lagi untuk mobil apv yang lama.
Apabila derajat kemiringan ini tidak dikoreksi maka akan menimbulkan ketidaknyamanan suspensi, dan ban yang cepat aus. Masalah kemiringan ban depan apabila tidak segera diatasi  ini akan merembet ke ball join atau perlatan kaki kaki mobil yang lain.  Berikut ini digambarkan apa yang menyebabkan ban depan kanan dibawah sopir cepat botak .
Silakan lihat gambar disamping kanan, apabila chamber negatif maka ban bagian dalam miring ke dalam sehingga yang cepat aus bagian dalam, apabila chamber positip maka ban bagian luarlah yang cepat aus.
Penyetalan camber mobil semacam apv tidak mudah karena memang tidak ada bagian yang dapat digeser kearah luar ataupun kearah dalam, sehingga apabila ban miring kedalam atau keluar maka selamanya akan miring, padahal  nilai kemiringan ban 1 mm pada poros ban akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aus ban semakin besar dearajat kemiringan maka akan semakin cepat.
Untuk mengatasi problem camber, cara yang paling sederhana bengkel spooring mengganti baut chamber yang atas, dengan baut khusus yang dapat digunakan untuk mengkoreksi derajat kemiringan ban.  Dengan  mengganti baut asli mobil apv ternyata polos (gambar bawah), dengan baut yang berbentuk seperti nokken as (gambar atas) yang terdapat tonjolan yang apabila baut diputar maka tonjolan akan mendorong  ban dari posisi derajat negatif menuju posisi derajat positip yang diinginkan sehingga untuk sementara dapat dikoreksi, sehingga masalah kebotakan ban dibagian dalam dapat diatasi. Baut seperti ini dapat diaplikasikan untuk mobil yang lain seperti Toyota Avanza dan lainnya.
NB:
Ada info dari bengkel untuk baut tidak harus diganti, baut untuk ban sebelah kanan seperti gambar diatas (bawah) cukup digerinda saja, sehingga dapat distel untuk mengurangi negative chamber.
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger