" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Penyebab Kerusakan Klakson Mobil Tidak Bunyi

0 komentar

   Ini adalah tips yang mudah untuk mencari sumber penyebab klakson mobil tidak bunyi untuk rangkaian klakson yang masih standar, yang artinya belum dirubah dan berikut adalah rangkaian sederhana klakson mobil yang digunakan untuk kendaraan pada umumnya. Komponen utama dan umum pada rangkaian kelistrikan klakson yang di pakai adalah:

1.Relay klakson atau relay horn berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik ke klakson ketika horn pad di tekan.
2.Saklar klakson atau horn pad untuk menggerakan relay horn atau relay klakson.
3.Klakson
Gambar skema rangkaian klaksonCara kerja rangkaian kelistrikan pada klakson atau bel:
  1. Arus listrik stand by + 12 volt terdapat di sekring dan kaki relay no 1 dan 3
  2. Saat switch horn terhubung dengan menekan saklar klakson atau horn pad di kemudi, arus listrik mengalir melewati kumparan relay dan terdapat beda potensial atau tegangan di kaki relay no 1 dan 2,
  3. Terbentuk  medan magnet di relay untuk menarik kontak relay dan menghubungkan terminal 3 dengan 4, arus listrik mengalir dari terminal 3 ke terminal 4 relay menuju klakson ke ground, sehingga klakson bunyi.
Untuk beberapa type relay klakson, kaki no 1 dan no 3 dijadikan satu sehingga secara fisik relay klakson memiliki 3 kaki atau  3 terminal.
Di antara relay klakson dengan horn pad atau saklar klakson secara teknis melewati komponen steering yaitu bearing steering column dan ada juga kendaraan yang menggunakan kabel fleksibel.
Setelah melihat cara kerja rangkaian klakson di samping akan lebih mudah menganalisa kerusakan klakson ketika tidak bunyi.
Berikut ini cara menganalisa klakson tidak bunyi:
  • Jika horn pad di kemudi atau steer ditekan akan terdengar suara relay terhubung, tetapi klakson tidak bunyi kemungkinan klakson rusak atau relay rusak. Relay rusak bisa karena kontak relay kotor atau berkerak sehingga tidak terhubung dengan baik atau kontak relay patah.
  • Jika horn pad di kemudi di tekan tidak terdengar suara relay, kemungkinan fuse horn atau sekring klakson putus, kalau sekring klakson tidak putus kemungkinan kumparan relay putus atau jalur sepanjang relay kaki no 2 menuju ground putus termasuk horn pad rusak.
Disc klakson di bawah stir
Gambar piringan di bawah stang kemudi
Jika klakson kadang bunyi dan kadang tidak ketika stang kemudi diputar atau saat stir dibelokkan,kemungkinan terjadi kerusakan pada pada bearing (kolaher) pada steering colum yang karatan dan biasanya cukup dengan memberikan anti karat akan bisa menyelesaikan masalah klakson ini.
Bearing pada steering column
Bearing pada steering Column
Selain itu permukaan disc yang berada di bawah stang kemudi yang tidak rata akibat gesekan terus menerus juga bisa menjadi penyebab klakson tidak bunyi.
Sedang untuk kendaraan yang sudah ada tombol navigasi di strir biasanya menggunakan kabel fleksibel seperti contohnya adalah New Limo, kerusakan atau putusnya kabel fleksibel ini bisa menjadi penyebab klakson tidak bisa bunyi,selain beberapa sebab diatas.
Semoga bermanfaat.
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger