" Rental Mobil Sukabumi - Jaja Suandi H.

Kapan Mobil Harus Ganti Oli

0 komentar

Kapan mobil harus ganti oli mesin adalah pertanyaan yang sangat suit dijawab karena tidak ada batasan yang jelas, Pada bungkus kemasan oli merek apapun tidak pernah direkomendasikan berapa km oli harus diganti, pada buku pedoman mobil juga tidak secara tegas dijelaskan kapan oli mesin harus diganti?
Interval pergantion oli mesin dipengaruhi oleh
1. Jenis oli mesin
Ada pendapat yang mengatakan tiap 3.000 km oli mesin harus diganti ada pula yang berpendapat tiap 5.000km oli mesin harus diganti.  Produsen oli mesin dan penjual oli dan bengkel mesti akan mengatakan bahwa semakin sering oli diganti mesin kan semakin baik, pendapat ini betul, dengan oli yang selalu baru mesin akan semakin lebih awet, namun tidak bagi pemilik mobil semakin sering oli mesin  diganti kan semakin tinggi  biaya operatiional mobil. Pergantian oli mesin adalah setiap  3.000 km adalah pendapat lama, yang mengacu pada oli mesin produksi awal yang berbahan dasar murni menggunakan  oli mineral, oli jenis ini tidak bertahan lama memang daya tahannya hanya 3.000 km, biasanya kita yang awam akan merasakan perbedaan suara mesin setelah melewati 3.000km, sedangkan yang mengatakan oli harus diganti tiap 5.000km mengacu kepada jenis oli yang sudah semi sintetik  yakni campuran antara oli mineral dan bahan sintetik.  oli in akan lebih awet. Saat ini banyak produk oli full synthetic maka interval pergantian oli dapat mencapai 10.000 km,
Untuk Oli mineral dan semi syntetic disarankan untuk pemakaian mesin-mesin tua sedangjkan jenis full sytetic disarankan untuk mesin-mesin baru karena kekentalannya memang disesuikan dengan celah antar nderdil yang sangat rapat. Untuk kendaraan yang tidak pernah dipakai bisanya buku pedoman pemilik dan bengkel masih juga menyarankan pergantian oli tiap 3 bulan, pendapat ini juga kurang valid mengingat oli dalam mesin yang tidak digunakan,  ibarat oli dalam kaleng.
2. Usia Kendaraan
Untuk mobil yang sudah lelah interval pergantian oli mesin akan semakin rapat, karena banyak onderdil yang sudah aus sehingan volume oli akan semakin cepat berkurang dan kotoran akan dengan mudah bercampur oli mesin   yang memang salah satnya adalah mambersihkan mesin, Sedangkan untuk mobil  yang masih muda interval pergantian oli akan semakin panjang karena memang systemnya berbeda dan celah antara onderdil masih sangat rapat.
Kesimpulan:
Jadi kapan oli mesin harus diganti adalah sangat rancu tergantung dengan usia kendaraan, jenis oli dan kantong pemilik kendaraan. Pengalaman kita sebagai pemilik APV  dengan menggunakan oli syntetic SGO walaupun  interval pergantian oli tiap 10.000km, mesin masih halus dan olinya tidak kelihatan hitam pekat.
Berdasarkan sumber resmi Pertamina, pada kondisi penggunaan yang normal maka masa pakai pelumas Pertamina sbb:
* Prima XP 20W-50 API SJ = 7.500 km
* Prima XP 10W-40 API SL = 10.000 km
* Fastron 10W-40 API SL = 15.000 km
* Fastron 20W-50 API SL = 15.000 km
* Meditran SX 15W-40 API CH-4 = 10.000 km
Sumber  :   https://suzukijogja.wordpress.com/2013/10/18/kapan-mobil-harus-ganti-oli/
IKLAN SPONSOR DARI GOOGLE :
Bagikan Artikel :

Posting Komentar

 
Support : Nisa Trans Sukabumi | Nisa Rent car| Rck Rent car | Nisa Elf | Nisa Mobil | Rental Sukabumi
Copyright © 2011. Nisa Rental Mobil Sukabumi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Jaja Suandi H
Proudly powered by Blogger